PENDIDIKAN OLAHRAGA

 

Mengapa dan Bagaimana Dikjas & Olahraga itu?
Pendidikan Jasmani merupakan suatu proses yang bertujuan meningkatkan prestasi manusia melalui aktivitas fisik dan memiliki tujuan pembangunan dan pemeliharaan kecerdasan untuk kesehatan secara optimal untuk memperoleh pengetahuan, dan pembangunan sikap-sikap positif terhadap aktivitas fisik .
Jenny (1961) dan Williams (1964) berpendapat bahawa Pendidikan Jasmani memberi pendidikan melalui aktiviti fizikal dan matlamatnya mempengaruhi semua perkembangan fizikal termasuk perkembangan mental dan sosial.
Barrow (1971, 1983) menyatakan Pendidikan Jasmani dalam konteks ‘pengalaman pendidikan menyeluruh’ dan berkait dengan hal seumur hidup setiap individu.
Baley & Field (1976), satu proses pengubahsuaian dan pembelajaran berkenaan organik, neuromaskular, intelektual, sosial, budaya, emosional dan estetik, hasil melalui aktiviti-aktiviti fizikal yang terpilih dan agak rancak,
Freeman (1977, 1992) menegaskan bahasa Pendidikan Jasmani meliputi pembangunan fizikal dan mental dan menumpu pada tiga domain pendidikan, iaitu psikomotor, kognitif dan afektif.
Lumpkin (1990) berpendapat Pendidikan Jasmani merupakan suatu proses yang membolehkan individu mempelajari kemahiran-kemahiran fizikal, mental dan sosial serta tahap kecergasan yang tinggi.
Dauer (1995) berpendapat Pendidikan Jasmani ialah sebahagian daripada program pendidikan yang menyeluruh, yang memberi sumbangan pada asasnya melalui pengalaman-pengalaman pergerakan kepada perkembangan dan pembangunan keseluruhan kanak-kanak.

 Apa hubungannya filsafat dan Dikjas Olah raga?
  • Filsafat dalam Pendidikan Jasmani
  • Menjelaskan makna, hakikat, pentingnya, dan nilai dari pendidikan jasmani.
  • Menghasilkan perbaikan dalam pelaksanaan pendidikan jasmani.
  • Memberikan tuntunan bagi tindakan seseorang.
  • Memberikan arah bagi profesi pendidikan jasmani.
  • Membantu mempererat hubungan antara anggota profesi.
  • Menjelaskan hubungan antara pendidikan jasmani dengan pendidikan umum.
  • Fungsi Filsafat
  •  Usaha untuk menjelaskan suatu pengetahuan secara sistematis dan komprehensif ke dalam bentuk hubungan-hubungan yang berarti dan bermakna
Manfaat Filsafat Dalam Pendidikan Jasmani
Manfaat filsafat pendidikan terdiri atas tiga asumsi dasar yang ada kaitannya dengan persoalan pendidikan antara lain:
Bahwa hidup tanpa perenungan apa arti dan hakekat hidup adalah suatu kehidupan tanpa bobot.
Bahwa pendidikan diakui sebagai proses imprementasi maka berbeda dalam implementasi dalam ilmu fisika. Eksperimentasi pendidikan dan social berhasil tidaknya tidak mudah atau tidak segera kita ketahui dan kita buktikan.
Apabila berbuat salah tetapi tahu dan sadar akan letak kesalahannya lebih baik daripada berbuat baik tetapi tidak tahu kesalahannya.
Apabila ketiga asumsi di atas dan tidak terlalu salah maka dikemukakan beberapa nilai yang mungkin dapat diperoleh dengan mempelajari filsafat pendidikan antara lain sebagai berikut:
Memberi kesempatan pada guru penjas untuk mengadakan perenungan mendalam, atau berteori, betapapun kurang atau belum sempurnanya teori tersebut.
Membiasakan kita berfikir kritis dan reflektif.
Memberikan pengertian yang mendalam tentang problema-problema essensial dan dasar-dasar pertimbangan mana yang harus digunakan untuk menyelesaikan problema tersebut .
Memberikan kesempatan pada pendidik / guru untuk meninjau kembali pandangan filsafat pendidikan yang selama ini diyakininya.
Berdasarkan banyaknya pandangan tentang dasar-dasar dan tujuan pendidikan, maka dituntut pada setiap guru untuk meninjau kembali secara terbuka, bebas, kritis, reflektif terhadap segala macam perbedaan tersebut
Pengaruh dan sumbangsih Ilmu Filsafat pada Penjas dan Olahraga juga memiliki andil yang besar dalam perkembangan Pendidikan Jasmani dan Olahraga, yaitu melahirkan ilmu-ilmu baru yang sangat berkaitan erat dan mendukung kemajuan penjas dan olahraga itu sendiri.
Sebagai salah satu contoh yaitu, dengan Filsafat maka dapat membantu menganalisis prinsip-prinsip pendidikan jasmani dan olahraga beserta implikasinya terhadap pengajaran dan pelatihan.

 http://a11youni.wordpress.com/2012/03/28/filsafat-pendidikan-jasmani-dan-olahraga/

Comments

Popular posts from this blog

PENDIDIKAN KEBUGARAN JASMANI

FUNGI SOSIOLOGI DALAM PENDIDIKAN

PENGARUH PENDIDIKAN TERHADAP TERBENTUKNYA STRATIFIKASI SOSIAL