Contoh RPP Kelas I Kurikulum 2013
Contoh RPP Kelas I Kurikulum 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SEKOLAH DASAR
Kelas / semester
: 1 / 2
Tema /
topik
: Lingkungan bersih dan sehat
Petemuan
ke
: 1
Semester
: 2 (dua)
Alokasi
waktu
: 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
AGAMA
1. Berdoa sebelum dan
sesudah belajar, sebagai bentuk pemahaman terhadap Qur’an, Surat
Alfatehah
2. Memiliki perilaku bersih
badan, pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna
bersuci
PPKn
1. Menerima keberagaman
karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang
Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2. Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan
moral Pancasila
3. Mengenal tata tertib dan
aturan yang berlku dalm kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
4. Melaksanakan tata tertib
di rumah dan di sekolah
BAHASA INDONESIA
1. Menerima anugerah Tuhan
Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan
sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2. Menunjukkan perilaku
pola hidup sehat (perawatan tubuh, pemenuhan gizi, lingkungan yang sehat, main
dan istirahat yang cukup) dan menyayangi makhluk hidup
3. Memiliki kedisiplinan
dan tanggung jawab merawat tubuh agar sehat dan bugar melalui pemanfatan bahasa
indonesia dan atau Bahasa Daerah
4. Memiliki perilaku santun
dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia dan/atau bahasa daera
5. Memahami isi cerita
melalui mendengarkan cerita yang dibacakan orang lain dengan penuh
perhatian dan mengajukan pertanyaan
6. Menyampaikan teks terima
kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian
MATEMATIKA
1. Menunjukkan perilaku
teliti dan perduli dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan
dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil
sampai terbesar
2. Menunjukkan perilaku
disiplin tepat waktu dalam melakukan aktivitas di sekolah dengan memperhatikan
tanda-tanda saat jam belajar dan jam istirahat
3. Mengenal bangun datar
dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
ruah, sekolah, atau tempat bermain.
4. Membentuk berbagai
bangun ruang dengan menggunakan papan berpaku atau media lainnya
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
1. Menunjukkan perilaku
santun kepada teman dan guru selama pembelajaran penjas.
SENI, BUDAYA, DAN PRAKARYA
1. Merasakan keindahan alam
dan karya seni sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan
2. Menunjukkan percaya diri
untuk mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari
3. Menunjukkan rasa ingin
tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam
berkarya seni
4. Mengenal pola irama lagu
bervariasi dengan alat musik ritmis
C. INDIKATOR
AGAMA
1. Mengulang bacaan do’a
sebelum belajar
2. Mengulang bacaan do’a
sesudah belajar
3. Menyatakan dalam sikap
berdo’a sebelum belajar
4. Menunjukkan perilaku
patuh kepada orang tua
PPKn
1. Menunjukkan perilaku
baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya
diri) dalam berinteraksi dengan guru
2. Memberikan contoh sikap
perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari
di rumah.
3. Memberikan contoh sikap
perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari
di sekolah.
4. Melaksanakan tata tertib
di sekolah
BAHASA INDONESIA
1. Bersikap khusuk (menjaga
keheningan) dalam mendengarkan doa
2. Mengambil sikap duduk
atau berdiri dengan berdiam diri
3. Mencontoh kata-kata
dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri
4. Melafalkan kata-kata
teks doa dengan jelas
5. Melafalkan kata-kata
teks doa dengan intonasi yang sesuai
6. Menyebutkan kapan harus
mandi, makan, sikat gigi dan cuci tangan.
7. Menyebutkan kebutuhan
tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan
makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
8. Membedakan lingkungan
sehat dan tidak sehat
9. Menyebutkan nama-nama
tempat dalam cerita
10. Menyebutkan urutan
peristiwa
11. Menyebutkan kebutuhan
tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan
makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
12. Membedakan lingkungan
sehat dan tidak sehat
13. Menuliskan kalimat yang
didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
14. Berposisi duduk secara
benar
15. Meletakkan bacaan dengan
jarak mata yang benar
16. Memegang teks bacaan
dengan tepat
MATEMATIKA
1. Menata dengan rapi
benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya (warna atau
lainnya)
2. Memilih jenis tas, wadah
atau tempat yang digunakan untuk menaruh benda atau sekelompok benda sesuai
dengan beratnya
3. Menceritakan bentuk
bangun ruang dan bangun datar
PENDIDIKAN JASMANI,
OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
1. Mempraktikan gerak
melangkah ke berbagai arah berirama
SENI BUDAYA, DAN
PRAKARYA
1. Memiliki kepekaan
terhadap keindahan alam hasil ciptaan Tuhan
2. Menjelaskan keindahan-keindahan
alam dan karya seni sebagai anugerah Tuhan
3. Memperhatikan lingkungan
sekitar secara seksama
4. Merawat lingkungan
sekitar secara sadar
5. Menunjukkan kepedulian
pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya
6. Mengenal judul lagu dan
iringannya
D. TUJUAN
1. Berperilaku baik (jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam
berinteraksi dengan guru
2. Berperilaku patuh pada
aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di sekolah.
3. Melafalkan kata-kata
teks doa dengan intonasi yang sesuai
4. Menyebutkan kebutuhan
tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan
makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
5. Menuliskan kalimat yang
didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
6. Menata dengan rapi
benda-benda di lingkungan sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya
(warna atau lainnya)
7. Mempraktikan gerak
melangkah ke berbagai arah berirama
8. Menjelaskan
keindahan-keindahan alam tentang kebersihan lingkungan sebagai anugerah
Tuhan
Comments
Post a Comment